Sebagian besar sumber radiasi elektromagnetik berasal dari Matahari. Namun, ada juga yang dapat dibuat. Berikut ini adalah sumbersumber radiasi gelombangelektromagnetik

a. Gelombang radio dihasilkan oleh elektron pada kawat penghantar yang menimbulkan arus bolakbalik pada kawat. Gelombang ini dipancarkan dari antena pemancar (transmitter) dan diterima oleh antena penerima (receiver), sepertipada handphone dan radio.

b. Gelombang mikro dihasilkan oleh Matahari, tabung diode, magnetron, dan sudah ada alatalat yang dirakit untuk menghasilkan gelombang mikro ini.

c. Sinar inframerah dihasilkan oleh getarangetaran elektron pada suatu atom atau bahan yang dapat memancarkan gelombang elektromagnetik. Selain itu, dapat juga dihasilkan dari sinar Matahari, permukaan yang panas, dan lampu LED. Sinar inframerah juga dihasilkan dan digunakan pada remote TV.

d. Cahaya tampak dihasilkan oleh uraian sinar Matahari dan lampu.

e. Sinar ultraviolet dihasilkan dari atom dan molekul dalam nyala listrik. Sinar ini juga dapat dihasilkan dari reaksi sinar Matahari. Sinar ultraviolet dari Matahari dalam kadar tertentu dapat merangsang badan untuk menghasilkan vitamin D.

f. Sinar X dihasilkan dari elektronelektron yang terletak di bagian dalam kulit atom. Sinar X juga dapat dihasilkan dari elektron dengan kecepatan tinggi yang menumbuk logam. Televisi yang masih menggunakan tabung katode juga dapat menghasilkan sinar X.

g. Sinar gamma dihasilkan dari radio aktivitas nuklir atau atomatom yang tidak stabil dalam reaksi inti. Sinar gamma memiliki daya tembus yang sangat kuat, sehingga mampu menembus logam yang memiliki ketebalan beberapa sentimeter. Jika diserap jaringan hidup, sinar gamma akan menyebabkan efek yang serius, seperti mandul dan kanker