Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan merupakan suatu karunia Allah SWT yang amat luar biasa dengan mata kita bisa melihat. Mata berfungsi dengan cara menerima, memfokuskan, dan mentransmisikan cahaya melalui lensa mata yang menghasilkan bayangan objek yang kemudian ditangkap oleh retina mata. Bayangan objek yang ditangkap retina tersebut kemudian dikirmkan ke otak melalui saraf optik untuk kemudian diolah menjadi gambar yang mampu kita lihat secara nyata.Mata hampir berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2,5 cm dan dibungkus cangkang (sclera) berwarna putih yang keras sebagai pelindung.

Gambar Penampang sebuah mata

Perhatikan struktur anatomi mata di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Secara umum fungsi bagianbagian mata dibagi menjadi dua yakni bagian luar mata(kelopak mata, bulu mata, alis mata dan kelenjar air mata) dan bagian dalam mata. Sudah tahukah Anda bagian dalam mata? Baiklah perhatikan penjelasan bagian dalam mata beserta fungsinya, berikut ini:

Bagian Dalam Mata

1) Kornea

Kornea adalah bagian mata yang terletak di lapisan paling luar. Bagian kornea berupa selaput bening dan bersifat transparan, sehingga memungkinkan cahaya dapat masuk dalam selsel penerima cahaya di dalam bola mata. Fungsi korena adalah untuk melindungi mata dari bendabenda asing dan melakukan refraksi di lensa mata.

2) Iris

Iris adalah bagian mata yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya pupil. Iris juga berfungsi memberiwarna pada mata. Ada banyak ras dengan warna berbeda seperti mata yang berwarna biru, hijau atau cokelat, semuanya bisa terjadi karena fungsi iris. Hal ini yang membuat iris dikenal sebagai selaput pelangi.

3) Pupil

Pupil merupakan bagian mata berupa lubang kecil. Fungsi pupil adalahmengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata. Besar kecilnya pupil diatur oleh iris. Pupil akan mengecil jika cahaya yang masuk terlalu terang, sementara pupil akan membesar jika cahaya yang datang terlalu redup.

4) Retina

Retina atau selaput jala merupakan bagian mata berupa lapisan tipis sel yang ada di bagian belakang bola mata. Fungsi retina adalah untukmenangkap bayangan yang dibentuk lensamata untuk kemudian diubah menjadi sinyal syaraf. Retina memiliki dua sel fotoreseptoryaitu rods dan cones sehingga termasuk sebagai bagian mata yang sangat sensitif terhadap cahaya.

5) Lensa

Fungsi lensa mata adalah untuk membentuk sebuah gambar. Gambar yang dibentuk lensa mata kemudian diteruskan dan diterima retina. Lensa dapat menipis atau menebal sesuai dengan jarak mata dengan benda yang dilihatnya. Jika jarak benda terlalu dekat, maka lensa akan menipis, sementara jika jarak terlalu jauh, maka lensa mata akan menebal.

6) Koroid

Koroid adalah bagian mata berupa dinding mata. Fungsi koroid adalah untuk menyuplaioksigen dan nutrisi untuk bagianbagian mata yang lain, khususnya retina.Biasanya koroid memiliki warna cokelat kehitaman atau hitam, tujuannya agar cahaya tidak dipantulkan kembali.

7) Aqueos humor

Bagian mata aqueos humor merupakan cairan yang menyerupai plasma berlendir transparan yang memiliki konsentrasi protein yang rendah. Aqueous humor diproduksi oleh silia tubuh. Fungsi aqueos humor adalah sebagai struktur pendukung lensa.

8) Vitreous humor

Berikutnya adalah bagian vitreous humor. Bagian mata ini juga dikenal sebagai badan vitreous. Bentuk vitreous humor adalah berupa semacam gel. Fungsi vitreous humor adalah berfungsi untuk mengisi ruang antara retina dan lensa.

9) Saraf optik

Saraf optik atau saraf mata menjadi bagian mata yang cukuppenting. Fungsi saraf optik adalah untukmeneruskan informasi bayangan benda yang diterima retina menuju ke otak. Saraf ini penting agar kita dapat menentukan bagaimana bentuk suatu benda yang kita lihat. Jika syaraf optik ini rusak dapat mengakibatkan kebutaan mata.

10) Bintik kuning

Salah satu bagian mata yang paling sensitif terhadap cahaya adalah bintik kuning ini. Jika bayangan benda jatuh pada bintik kuning, maka benda akan terlihat jelas. Sebaliknya, jika bayangan benda jatuh sebelum atau sesudah bagianini, maka benda tersebut akan terlihat kabur atau tidak begitu jelas.

11) Bintik buta

Bintik buta atau juga disebut sebagai blind spot adalah bagian mata yang tidak sensitif terhadap cahaya. Hal ini berbanding terbalik dengan bagian bintik kuning. Jika bayangan benda jatuh pada bintik buta, maka benda tidak dapat terlihat jelas oleh mata.

12) Otot mata

Salah satu bagian mata adalah otot mata. Fungsi otot mata adalah membantu cara kerjanya lensa mata dalam membuat lensa mencembung atau memipih atau yang dikenal sebagai daya akomodasi mata. Otot mata menyangga lensa mata dan bentuknya mirip kristal.

13) Sklera

Sklera merupakan bagian mata yang berupa dinding putih mata dan disebut sebagai selaput putih. Bagian mata sklera ini memiliki ketebalan ratarata sekitar 1 milimeter, dan bisa juga menembal sampai 3 milimeter disebabkan karena adanya otot irensi. Fungsi sklera adalah untuk melindungi struktur mata dan membantu mempertahankan bentuk mata.

a. Akomodasi

Daya Akomodasi mata atau daya suai mata adalah kemampuan otot siliar untuk menebalkan atau memipihkan kecembungan lensa mata yang disesuaikan dengan dekat atau jauhnya jarak benda yang dilihat mata. Sehingga dalam melihat bendabenda pada jarak tertentu perlu mengubah kelengkungan lensa mata.Untuk mengubah kelengkungan lensa mata, yang berarti mengubah jarak titik fokus lensa merupakan tugas otot siliar.

Hal ini dimaksudkan agar bayangan yang dibentuk oleh lensa mata selalu jatuh di retina. Pada saat mata melihat dekat lensa mata harus lebih cembung (otototot siliar menegang) dan pada saat melihat jauh lensa harus lebih pipih (otototot siliar mengendor).

Gambar Penampang mata saat mata tidak berakomodasi dan berakomodasi

Kemampuan manusia untuk melakukan akomodasi mataterbatas sehingga memerlukan bantuan lensa untuk memperjelas pandangannya pada objek yang dilihat.

Batas Daya Akomodasi

Manusia memiliki dua batas daya akomodasi (jangkauan penglihatan) yaitu dekat dan jauh :

  1. Titik dekat mata (punctum proximum) adalah jarak benda terdekat di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal (emetropi) titik dekatnya berjarak 10cm s/d 20cm (untuk anakanak) dan berjarak 20cm s/d 30cm (untuk dewasa). Titik dekat disebut juga jarak baca normal (Sn = 25 cm). Ketika mata melihat pada titik dekat, mata dalam keadaan akomodasi maksimum.
  2. Titik jauh mata (punctum remotum) adalah jarak benda terjauh di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal titik jauhnya adalah “tak terhingga”(Sr = ~).Ketika mata melihat titik jauh tak hingga, mata tak berakomodasi.

b. Cacat Mata

Macammacam cacat mata: miopi, hipermetropi, presbiopi, astigmatisma, katarak, dan glukoma. Penderita mata miopi yaitu orang yang berpenglihatan dekat tidak dapat melihat bendabenda yang jaraknya jauh karena bayangan difokuskan di depan retina sehingga diperlukan lensa cekung untuk memperbaiki cacat ini. Penderita mata hipermetropi yaitu orang yang berpenglihatan jauh tidak dapat melihat bendabenda yang jaraknya dekat karena bayangan difokuskan dibelakang retina sehingga diperlukan lensa cembung untuk memperbaiki cacat ini. Sedangkan pada penderita mata astigmatisma yaitu orang yang berpenglihatan ketidaksempurnaan yang umum pada lengkungan permukaan depan mata atau lensa,di dalam mata, melengkung berbeda ke arah yang berbeda sehingga diperlukan lensa silindris untuk memperbaiki cacat ini.

Gambar Jenis lensauntuk penderita mata

Kaca Mata

Kacamata merupakan alat optik yang digunakan untuk membantu melihat pada orang yang memiliki cacat mata, baik itu rabun jauh, rabun dekat, ataupun mata silindris. Kacamata terdiri dari lensa (tergantung jenis cacat matanya), frame atau kerangka yang menyangga lensa.

Kacamata berfungsi dengan cara mengatur bayangan agar jatuh tepat di retina, dengan cara menjauhkan titik jatuh bayangan pada penderita rabun jauh dan mendekatkan titik jatuh bayangan pada penderita rabun dekat.

Gambar Ilustrasi penggunaan lensa pada penderita rabun

Jauh dekatnya bayangan terhadap lensa (kacamata) yang digunakan tergantung pada letak objek, jarak fokus lensa, dan kekuatan atau daya lensa. Kekuatan atau daya lensa dirumuskan dengan:

Oleh karena itulah saat kita memeriksa matanya ke dokter mata, maka kita disuruh membaca rangkaian hurufhuruf di depan kita dengan jarak yang sudah ditentukan sehingga dokter dapat menentukan jarak fokus lensa untuk mengetahui besarnya daya lensa yang dibutuhkan.