Impuls adalah peristiwa gaya yang bekerja pada benda dalam waktu hanya sesaat. Impuls adalah peristiwa bekerjanya gaya dalam waktu yang sangat singkat. Contoh dari kejadian impuls adalah: peristiwa seperti bola ditendang, bola tenis dipukul karena pada saat tendangan dan pukulan, gaya yang bekerja sangat singkat.

Impuls (I) merupakan gaya kontak ratarata F yang bekerja pada suatu benda yang terjadi dalam selang waktu yang sangat singkat (Δt~0)

Untuk memahami konsep impuls perhatikan gambar berikut !

Berdasarkan gambar di atas, pada bola diberikan gaya sentuh (F) dengan selang waktu (Δt) yang sangat singkat , sehingga menghasilkan efek pada bola tersebut semakin besar. Jika diberikan gaya F yang sama tetapi selang waktu sentuh Δt yang lebih lama maka akan menimbulkan efek pada bola tersebut kurang maksimal dibandingkan pada keadaan pertama. Efek dari pemberian gaya ratarata F pada suatu benda dalam selang waktu Δt tertentu inilah yang disebut sebagai Impuls (I). Dan berdasarkan analisa gambar di atas dapat disimpulkan bahwa :

F\,~\,I

Sehingga diperoleh:

F \sim \frac{1}{ \Delta t} 
F \sim \frac{I}{ \Delta t} 
I=F\,. \Delta t
I=F\,.\,(t_2-t_1)

Jika gaya F yang diberikan pada benda berybah terhadap waktu F (t), maka konsep impuls (I) dapat ditulis dalam bentuk pengintegralan yaitu :

I= \int F\,(t)\,.\,dt 

Persamaan di atas dapat dianalisa bahwa gaya impulsif Fyang berubah terhadap waktu t, dapat ditampilkan seperti gambar di bawah ini :

Nilai impuls (I) berdasarkan konsep dan grafik Ft di atas dapat disimpulkan bahwa:

Impuls (I) = luas daerah di bawah grafik Ft

Keterangan :

I = Impuls (N. s ataukg.m.s)

F = Gaya Impulsif (Newton)

Δt = Waktu sentuhan antara gaya dan benda (sekon)

Impuls (I) termasuk besaran vektor yang arahnya selalu searah dengan gaya impulsif (F).

Contoh Soal :

Seorang pemain sepakbola melakukan tendangan terhadap bola dengan gaya F sebesar 20 Newton. Apabila waktu sentuh antarakaki dan bola adalah 0,01 sekon, Tentukan besar impuls yang terjadi pada bola tersebut.

Pembahasan :

Diketahui:

F = 20 Newton

Δt = 0,01 sekon

Ditanya         I =…?

Berdasarkan konsep Impuls diperoleh

𝑰 = 𝑭 . 𝒕

𝑰 = 20 × 0,01

𝑰 = 𝟎,𝟐 𝑵 . 𝒔

Jadi, besar impuls yang bekerja pada bola tersebut adalah 0,2 N.s, searah dengan arahgaya ratarata (F) yang diberikan pada bola tersebut.