Coba kamu perhatikan apabila sebuah sepeda bergerak menuruni sebuah bukit, bagaimanakah kecepatannya? Atau pada peristiwa jatuh bebas, benda jatuh dari ketinggian tertentu di atas, Tentu saja kecepatan nya semakin bertambah besar. Peristiwa ini disebut dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatannya berubah secara teratur tiap detik. Kamu tentunya masih ingat bahwa perubahan kecepatan tiap detik adalah percepatan. Dengan demikian, pada GLBB benda mengalami percepatan secara teratur atau tetap.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah Gerak benda dalam lintasan garis lurus dengan percepatan tetap. Jadi, ciri umum glbb adalah bahwa dari waktu ke waktu kecepatan benda berubah, semakin lama semakin cepat, dengan kata lain gerak benda dipercepat, namun demikian, GLBB juga berarti bahwa dari waktu ke waktu kecepatan benda berubah, semakin lambat hingga akhirnya berhenti.

Dalam hal ini benda mengalami perlambatan tetap. Dalam modul ini, menggunakan istilah perlambatan untuk gerak benda diperlambat. Kita tetap saja menamakannya percepatan, hanya saja nilainya negatif, perlambatan sama dengan percepatan negatif.

Hubungan antara besar kecepatan (v) dengan waktu (t) pada gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ditunjukkan pada grafik di bawah ini:

Besar percepatan benda :

a= \frac{ \Delta v}{ \Delta t} = \frac{v_2-v_1}{t_2-t_1}

Dalam hal ini maka

v_1=v_0\,;\,v_2=v_t\,;\,t_1=0\,;\,t_2=t

Sehingga,

a= \frac{v_t-v_o}{t} atau a.t=v_t-v_0

Akan di dapatkan v_t=a.t+v_o → Persamaan GLBB

Atau S=v_0.\, t+ \frac{1}{2} a.t^2 → Persamaan Jarak GLBB

S=v_0.\, t+ \frac{1}{2} a.t^2

Jadi, {{v}_{t}}{^{2}}=2as+{{v}_{0}}{^{2}} → Persamaan kecepatan sebagai fungsi jarak

Contoh Soal

1. Benda yang semula diam kemudian didorong sehingga bergerak dengan percepatan tetap 4 m/s². Berapakah besar kecepatan benda tersebut setelah bergerak 6 s?