Pernah merasa bingung kenapa saat berbicara di alam terbuka, suaraAndabisa terdengar sampai jauh? Apalagi kalau Andaberada di atas gunung, suara lantang dari penduduk bisa terdengar sampai puncak gunung. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya karakteristik dari gelombang bunyi. Penasaran?Ayo,belajar mengenai konsep gelombang bunyi bersamasama.

Gambar 2. Orang berteriak di puncak gunung

Gelombang Bunyi adalah gelombang yang merambat melalui medium tertentu. Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik yang digolongkan sebagai gelombang longitudinal.Gelombang bunyi ini menghantarkan bunyi ke telinga manusia. Bunyi/ suara dapat terdengar karena adanya getaran yang menjalar ke telinga pendengar. Lalu bagaimana cara menentukan cepat rambat bunyi?

Cepat Rambat Bunyi

Bunyi merupakan gelombanglongitudinal yang dapat merambat dalam medium padat, cair, dan gas. Cepat rambat bunyi tergantung pada sifatsifat medium rambat, maka bunyi mempunyai cepat rambat yang dipengaruhi oleh duafaktor yaitu :

a. Kerapatan partikel medium yang dilalui bunyi. Semakin rapat susunan partikel medium maka semakin cepat bunyi merambat, sehingga bunyi merambat paling cepat pada zat padat.

b. Suhu medium, semakin panas suhu medium yang dilalui maka semakin cepat bunyi merambat.

Cepat rambat bunyidapat dihitung dengan menggunakan persamaan :

V = λ . f

Keterangan :

v : cepat rambat bunyi

λ : panjang gelombang bunyi

f : frekuensi bunyi Cepat rambat bunyi tergantung pada mediumnya:

 

Contoh Soal